Bawaslu Sulut Gelar Rakor Wujudkan Pemilu Berintegritas

Suluttimes.com, MANADO – Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Dr Ardiles Mario Revelino Mewoh SIP, MSi membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara digelar di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Minggu (28/01/24).

Acara pembukaan ditandai dengan Pemukulan Tetengkoren.

Kegiatan ini mengangkat tema ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu’ dengan sub tema ‘Sinergitas Wujudkan Pemilu Berintegritas’.

Ketua Bawaslu mengakui pihaknya sangat menyadari tidak mungkin bisa bekerja sendiri, tanpa koordinasi dengan pihak stakeholder jelang hari pemungutan suara Pemilu 2024.
Peran dari stakeholder diakuinya sangat penting bagi Badan Pengawas Pemilu utamanya dalam hal pengawasan.

“Suksesnya pengawasan Pemilu tergantung bagaimana kita secara bersama mampu bersinergi, berkolaborasi, menjadi Pioner dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. Berdialog hal-hal yang penting, menerima pandangan- pandangan terkait sinergitas, untuk memperkuat kelembagaan Bawaslu bersama masyarakat sampai pada pemungutan suara nanti,” sebut Ketua Bawaslu.

Dia menegaskan, pihak Bawaslu terus melakukan upaya-upaya penindakan terhadap pelanggaran. Halnya laporan masyarakat sangat penting, jika terindikasi adanya potensi pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilu.

“Jangan segan-segan melapor jika mengetahui ada indikasi pelanggaran. Kami bisa segera melakukan upaya pencegahan. Penanganan pelanggaran Pemilu bisa segera ditindaklanjuti,” terang Ardiles Mewo melanjutkan.

Bawaslu juga melakukan koordinasi dengan stakeholder dalam melakukan pencegahan dan pengawasan Pemilu untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman, jujur dan adil.

“Peran stakeholder termasuk seluruh elemen masyarakat mutlak dibutuhkan untuk menjadikan Pemilu yang berintegritas dan meningkatkan kualitas demokrasi. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu,” tegasnya.

Senada, Komisioner Bawaslu Sulut Koordinator Devisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Steffen Stevanus Linu, SS, MAP menambahkan bahwa pihak Bawaslu sangat terbuka, terbuka  menerima masukan kritikan untuk memaksimalkan pelaksanaan pengawasan.

“Dari kegiatan ini, kami mengajak kita bisa berperan dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu di Sulut bisa berjalan lancar, tertib serta berkepastian hukum.
Bagaimana kita menghasilkan para pemimpin yang mempunyai legalitas di masyarakat melalui proses Pemilu yang profesional yang berkepastian Hukum serta dapat memberikan jaminan dan masa depan yang berkualitas,” tambah Komisioner Bawaslu Sulut. (dw/st)

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar