Pemkab Minut Bahas Musrenbang RKPD TA 2025

Suluttimes.com, AIRMADIDI –
Bertempat di aula Bappeda, Senin (25/03/24) Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) membahas Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) TA 2025.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Joune Ganda SE MAP MM MSi, dihadiri Wakil Bupati Kevin W Lotulung SH MH, Ketua DPRD Minut Denny Lolong S.Sos, Sekda Ir Novly Wowiling MSi, Kepala Bappeda Provinsi, unsur Forkopimda Minut, para Asisten, Kepala OPD jajaran Pemkab Minut, para camat, Hukum Tua dan Lurah.

Di kesempatan tersebut, Bupati Joune Ganda (JG) menegaskan bahwa Musrenbang RKPD tahun anggaran 2025 begitu penting, karena akan membahas perihal Perencanaan tahunan keempat, periodesasi RPJMD tahun 2021-2026.

“Mencermati situasi dan kondisi saat ini perihal isu-isu strategis. Maka Kami membutuhkan dukungan bapak/ibu sekalian dalam upaya membangun Kabupaten Minahasa Utara,” sebut Bupati JG.

Mengacu isu strategis, RKP Nasional dan RKPD Provinsi Sulawesi Utara tahun 2025, maka dengan menggunakan pendekatan holistik-tematik, integratif dan parsial akan menjadi fokus dan Prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa Utara di tahun 2025.

Bupati melanjutkan, sejumlah sektor menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa Utara TA 2025 akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas yang berkualitas, pembangunan Desa digital, pembangunan kepemudaan dan olahraga, peningkatan produksi dan agribisnis, peningkatan produk pariwisata dan ekonomi kreatif, peningkatan UMKM, teknologi, komunikasi dan informasi. Kemudian konsolidasi demokrasi melalui pendalaman pendidikan kewarganegaraan, termasuk bumi revolusi mental.

“Saya juga mengajak seluruh stakeholder, baik pemerintah, pelaku usaha dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Minahasa Utara hebat, perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan berlandaskan iman dan gotong royong,” imbuh JG menambahkan

“Juga mendukung pencapaian target-target pembangunan yang disepakati bersama. Sehingga apa yang telah direncanakan menjadi dasar pelaksanaan. Perencanaan yang terukur, serta melewati proses yang terstruktur, dan bisa dipertanggung-jawabkan, tentunya akan memberikan kemudahan bagi kita dalam penjabaran program dan kegiatan yang tepat sasaran dan mencerminkan pencapaian visi dan misi dalam tahun keempat pembangunan kepala daerah,” kunci bupati.

Sementara Kepala Bappeda Minut Hanny Tambani dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan Musrenbang RKPD merupakan perencanaan keempat periodesasi RPJMD tahun 2021-2026.

“Dari 568 kegiatan yang diusulkan dari Desa ke Musrenbang Kecamatan, tersisa 495 usulan setelah divalidasi oleh OPD sebanyak 136 kegiatan. Sementara untuk pokok pikiran terdapat 348 usulan dan telah diverifikasi sebanyak 299 usulan oleh OPD,” beber Tambani. (dw/st)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar