Peran Pers Penting Dalam Mengawal Tahapan Pilkada Serentak 2024

Suluttimes.com, AIRMADIDI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) menggelar Media Gathering dalam rangka peran wartawan dalam mengawal Pilkada 2024 serentak, Minggu (09/06/24).

Melalui agenda ini, KPU Minut menghadirkan narasumber seperti Ketua PWI Provinsi Sulut Vouke Lontaan, juga wartawan Senior Filip Kapantow.
Turut hadir Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw, Komisioner KPU Riski Pogaga, nampak juga Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar dan anggota Waldi Mokodompit.

Narasumber Ketua PWI Sulut Vouke Lontaan mengatakan bahwa Pers sebagai pilar Ke-4 Demokrasi, saat ini diperhadapkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024 mendatang.
Sementara ini tahapan demi tahapan proses Pilkada tengah berlangsung.

“Demikian hal ini tidak terlepas dari peran Pers. Saya lihat disini jumlah wartawa dari berbagai Perusahaan media yang hadir. Tugas kita sebagai wartawan atau Pers harus mampu mengawal dan mensosialisasi tahapan Pemilu Pilkada,” pesan Vouke sapaan akrab Ketua PWI Sulut.

Dia mengingatkan, tugas peliputan sebagai wartawan melalui media massa yang begitu beragam tentunya harus ikut berperan aktif memberikan informasi kepada masyarakat setiap tahapan Pemilu demi kelancaran Pilkada, khususnya di 15 Kabupaten/Kota wilayah Sulawesi Utara dan di Provinsi.

Peran media diharapkan menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi dan pengawasan yang realistis terhadap adanya temuan di masyarakat terkait pengamanan Pemilukada.

“Pemberitaan harus sesuai data dan fakta yang akurat, hal ini sangatlah membantu pihak penyelenggara Pilkada, seperti KPU maupun pihak Bawaslu agar tidak menimbulkan penafsiran negative yang beragam terhadap hasil Pilkada,” tambah Vouke.

Senada wartawan senior Filip Kapantow menambahkan bahwa wartawan harus berperan dalam meningkatkan partisipasi publik jelang pelaksanaan Pilkada.

“Bagaimana ketertarikan publik pada pilkada lewat hasil karya kita dalam pemberitaan, dikolabirasi menjadi sebuah kekuatan untuk menarik animo publik untuk mengetahui informasi pilkada dari berita yang teman teman buat dan dipublikasikan,” saran Kapantow.

Ketua KPU Minut Hendra Lumamauw mengucapkan terima kasih kepada para narasumber, juga para awak media yang telah mengambil bagian dalam Media Gathering siang jelang sore hari.

“Ditengah hujan, bahkan sempat terjadi insiden kecil, namun bisa diselesaikan hingga acara tetap berlangsung dengan aman dan lancar. Juga berterima kasih kehadiran teman-teman Komisioner KPU dan Bawaslu Minut, termasuk rekan-rekan media. Tetaplah semangat, Tuhan memberkati kita semua dengan tugas dan peran serta kita masing-masing,” ujar Ketua KPU Minut. (dw/st)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar